Wajib Tahu, Bahan Kertas yang Sering Digunakan dalam Percetakan

Terdapat beberapa bahan kertas yang sering digunakan dalam percetakan. Seperti yang kita tahu, saat mencetak suatu dokumen, maka hal yang paling sering dipikirkan adalah jenis kertas yang akan digunakan adalah bahan apa?

Baca juga : Perbedaan digital printing dan offset printing

Sebuah bisnis percetakan bisa sangat menggiurkan bagi sebagian pengusaha, karena keuntungannya cukup besar. Apalagi permintaan konsumen yang sering membutuhkan jasa mencetak juga semakin banyak.

Jika Anda termasuk salah satu pengusaha di bidang percetakan, pastinya sudah tahu bahwa bukan hanya desain menarik yang dibutuhkan. Jenis kertas yang diminta oleh konsumen juga harus Anda ketahui karena banyak sekali jenisnya.

Setiap bahan kertas yang sering digunakan dalam percetakan memiliki ciri-ciri khusus. Mulai dari tekstur, ukuran, hingga perbedaan harga yang terlihat jelas. Oleh karena itu, disini akan dikupas tuntas setiap jenis kertas yang digunakan dalam dunia percetakan.

Jenis Bahan kertas yang Digunakan dalam Dunia Percetakan

  1. Kertas Art Paper

Jenis pertama adalah bahan kertas yang sering digunakan dalam percetakan, yakni Art Paper. Kertas yang satu ini juga sering disebut dengan kertas konstruk. Dimana kertas Art Paper ini memiliki permukaan yang licin saat disentuh dengan telapak tangan.

kertas art paper

Umumnya, jenis kertas Art Paper ini lebih sering dibutuhkan oleh perusahaan untuk digunakan pada kebutuhan promosi seperti brosur. Selain itu, Art Paper juga bisa digunakan untuk bahan kertas tiket konser karena lebih murah dari segi harganya.

Namun, sifat dari kertas Art Paper ini tidak terlalu bisa menyerap air, sehingga tidak cocok jika digunakan pada printer dengan tinta dye berbahan dasar air. Biasanya, tinta yang cocok untuk kertas Art Paper adalah tinta khusus untuk head printer Epson.

Tingkatan gramatur dari Art Paper cukup beragam, mulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, dan 150 gram. Terakhir, kertas Art Paper juga sering digunakan untuk cetak flyer majalah katalog dan sejenisnya.

  1. Kertas Art Carton

Kertas yang satu ini hampir mirip dengan kertas Art Paper, yakni memiliki permukaan licin saat disentuh dengan telapak tangan. Namun, kertas Carton ini lebih sering digunakan sebagai bahan cover buku karena memiliki harga yang ekonomis.

kertas art carton

Ciri-ciri kertas carton adalah bahannya tebal, memiliki gramatur mulai dari 190 gram hingga 400 gram. Sama seperti Art Paper, kertas ini juga harus menggunakan tinta khusus karena tidak bisa menyerap air.

Umumnya, kertas Art Carton juga lebih sering digunakan untuk mencetak kartu nama, brosur, profil perusahaan, katalog, dan map folder. Biasanya, setelah mencetak menggunakan kertas ini, agar lebih memuaskan hasilnya, maka bisa dilapisi dengan laminating.

  1. Kertas HVS

Bahan kertas yang sering digunakan dalam percetakan selanjutnya adalah HVS. Jika Anda sering berkunjung ke tempat Fotocopy, mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis kertas yang satu ini. Kertas ini sangat populer karena biasa digunakan untuk mencetak isi buku.

kertas hvs

Bahan kertas HVS memiliki ciri-ciri permukaan yang sedikit kasar dengan gramatur kertas mulai dari 60 gram hingga 100 gram. Kertas ini juga sering dijual di toko buku dan sangat mudah untuk ditemui.

Kertas HVS terbuat dari bubur kertas yang tidak mengandung perekat antara serat di dalam pohon, atau disebut dengan lignin. Warna kertas HVS tidak mudah berubah meskipun dibiarkan lama di bawah sinar lampu maupun sinar matahari.

  1. Kertas Samson Kraft

Bahan kertas selanjutnya adalah jenis kertas yang dihasilkan dari proses pendauran ulang. Namun, meskipun demikian kertas ini dinilai kreatif sehingga dinamakan Samson Kraft. Warna dari kertas ini biasanya coklat.

kertas samson kraft

Gramatur yang sering digunakan dalam kertas Samson Kraft ada dua, yakni 70 gram dan 80 gram. Biasanya, kertas ini dibuat untuk dijadikan paper bag atau bungkus lain yang menggunakan bahan dasar kertas.

  1. Kertas Ivory

Kertas yang satu ini sedikit mirip dengan jenis Art Carton dilihat dari tingkat ketebalan dan kehalusan pada permukaannya. Yang membedakan adalah permukaan halus yang ada di kertas Ivory ini hanya terdapat di satu sisi sedangkan Art Paper di kedua sisi. 

kertas ivory

Kertas Ivory ini cocok untuk mencetak paper bag atau kardus khusus kosmetik. Ciri khas kertas Ivory ini ada pada sisi lain yang tanpa coating. Untuk gramaturnya sendiri mulai dari 210 gram hingga 400 gram.

  1. Kertas Doff atau Matte Paper

Jenis bahan kertas yang sering digunakan dalam percetakan keenam adalah kertas Doff. Kertas ini sangat mudah menyerap tinta, kebalikan dari kertas Art Paper. Sehingga tinta dan printer yang digunakan tidak perlu berkualitas tinggi.

kertas matte paper

Jenis kertas Doff ini termasuk awet sehingga cocok untuk Anda yang ingin mencetak foto baik berwarna ataupun tidak. Hasil cetakan foto biasanya sangat bagus jika menggunakan kertas Doff. Terakhir, kertas Doff juga bersifat tidak memantulkan cahaya.

  1. Kertas Glanz atau Glossy Foto Paper

Jenis kertas standar yang sering digunakan dalam percetakan, utamanya cetak foto adalah kertas Glossy Foto Paper. Kertas ini cenderung memiliki permukaan yang lengket dan sensitif terhadap kaca pigura. Namun, harga kertas ini tetap relatif murah dan bersaing dengan jenis kertas lain.

kertas glanz glossy foto paper

Sama seperti namanya, kertas Glosst Foto paper ini memiliki tampilan yang mengkilap dan dapat memantulkan cahaya. Jenis bahan kertas yang sering digunakan dalam percetakan ini cocok untuk mencetak foto beresolusi tinggi.

  1. Premium High Glossy Foto Paper

Sedikit mirip dengan jenis kertas sebelumnya, High Glossy Paper ini adalah bentuk yang lebih premium. Tentunya kertas ini juga bisa menghasilkan jenis cetakan foto dengan efek yang lebih mengkilap dari kertas Glanz. 

Harga yang ditawarkan juga cenderung lebih mahal, tetapi sesuai dengan hasil yang diinginkan. Cetakan foto yang dihasilkan lebih cerah, mengkilap, dan tentunya awet. Anda bisa menggunakan kertas ini untuk mencetak foto dengan resolusi yang sangat tinggi.

  1. Kertas Concorde

Kertas Concorde adalah jenis bahan kertas yang sering digunakan dalam percetakan. Kertas ini memiliki jenis gramatur sebanyak 2 jenis, yakni 120 gsm dan 250 gsm. Dengan ketebalan tersebut, kertas Concorde ini cocok untuk bahan kertas kartu nama, sertifikat, dan undangan sekalipun.

Tekstur dari kertas Concorde ini bergelombang dengan bentuk horizontal yang sedikit berbeda dari kertas lain. Anda bisa menemukan kertas Concorde ini dengan sangat mudah di toko buku maupun di toko online seperti marketplace Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

  1. Kertas Silky Paper

Terakhir, jenis kertas yang juga sering ditemui di dunia percetakan adalah Silky Paper. Kertas ini tidak mengkilap tapi memiliki permukaan yang cukup lembut. Daya rekat tinta juga sangat tinggi untuk jenis kertas Silky Paper ini sehingga tidak mudah tercecer.Ada banyak sekali jenis bahan kertas yang sering digunakan dalam percetakan dan sudah beredar di pasaran. Anda dapat menemukan jenis kertas tersebut dengan sangat mudah melalui toko buku maupun online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.