Ketahui Manfaat Dan Tips Memilih Map Raport Berkualitas

Map raport berkualitas merupakan wujud penghargaan untuk siswa siswi yang telah melaksanakan kegiatan belajar selama satu semester dengan penuh semangat, selain berfungsi sebagai pelindung, Map raport juga memiliki dampak cukup besar bagi sekolah sehingga terlihat lebih profesional.

Terutama wali kelas, jika terjadi kerusakan pada raport maka harus mencetak ulang walaupun tidak harus merubah semua dari awal. Tapi kalau jumlah siswa yang mengalami kerusakan dokumen akibat tidak menggunakan map sampul raport sebagai pelindungnya tentu akan sangat merepotkan.

Hal ini juga yang akan menyebabkan sistem sekolah tidak berjalan sebagai mana mestinya selain mengisi nilai dan mencetak nya menjadi sebuah dokumen, banyak tugas lain yang perlu dilaksanakan oleh seorang wali kelas seperti mengajar, kunjungan ke rumah siswa atau home visit dan lain – lain.

Ketahui Manfaat Penggunaan Map Raport

Di awal tulisan sudah dibahas sedikit mengenai fungsi dari map raport yaitu sebagai pelindung dokumen, tapi selain itu masih ada beberapa manfaat lain seperti yang sudah Kami rangkum dalam daftar berikut, diantaranya.

1. Wujud Penghargaan Bagi Siswa Siswi

Menjalani proses belajar selama enam bulan tentu bukan hal yang mudah bagi siswa karena harus bisa mempelajari banyak mata pelajaran sekaligus secara bersamaan.

Bahkan sebagian ada yang menambah jam belajar nya dengan mengikuti beberapa kegiatan sekolah seperti menjadi ketua osis, ikut pramuka dan lain sebagainya.

Selain ilmu dan budi pekerti mendapatkan nilai sempurna tentu hal yang di harapkan oleh semua siswa – siswi di sekolah Anda, dengan dokumen yang dibungkus secara rapi menggunakan map raport berkualitas akan jauh lebih berkesan ketimbang menyimpannya ke dalam map biasa.

2. Kelengkapan Dokumen Lebih Terjaga

Sejauh yang Kami ketahui tidak ada aturan baku menyebutkan kalau dokumen raport harus di simpan pada media khusus, bahkan tanpa itu pun sebenarnya masih sah – sah saja namun terkesan sangat menyepelekan.

Menggunakan map biasa seperti yang masih banyak dilakukan oleh sekolah – sekolah di beberapa daerah sebenarnya sudah cukup, namun banyak kasus sebagian dokumen sering hilang. Hal itu bisa terjadi karena media penyimpanan tersebut tidak memiliki pelindung seperti yang dimiliki oleh map raport khusus.

Karena sampul nya tipis dan terbuat dari bahan yang kurang bagus dengan berjalannya waktu dokumen pun lama kelamaan pasti akan berantakan, apalagi jika siswa nya suka menyimpan barang sembarangan.

Karena memiliki sampul yang cukup tebal dan terbuat dari bahan khusus serta berkualitas kemungkinan dokumen berantakan pasti bisa dihindari. Terlebih map raport juga biasanya memiliki penyangga yang terbuat dari bahan plastik untuk memisahkan beberapa dokumen kedalam tempat berbeda, sehingga kelengkapan dokumen pun lebih terjaga.

3. Melindungi Dokumen Dari Berbagai Kotoran

Karena penyimpanan nya akan memakan waktu cukup lama untuk bisa di buka kembali biasanya masalah terbesar datang dari debu kecil, tempat yang lembab bahkan jaring laba – laba, karena memiliki pelindung berbahan plastik yang mudah di buka tutup kotoran tidak akan mudah masuk ke dalam dokumen.

4. Sebagai Pembeda Dari Dokumen Lain

Di rumah orang tua siswa mungkin terdapat banyak dokumen tersimpan minimal ada kartu keluarga, kartu tanda penduduk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Map Sampul Raport

Dengan menggunakan map raport untuk bisa membedakan dari dokumen lain tidak akan membutuhkan waktu lama karena akan terdapat beberapa tanda khusus seperti nama dan logo sekolah

Terlebih map sampul raport juga terbuat dari bahan khusus seperti TPK atau plastik mika doff dan sedikit lebih tebal juga karena menggunakan karton khusus bahkan memiliki banyak variasi tergantung ciri khas dari masing – masing sekolah.

Tips Memilih Map Raport Berkualitas

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari penggunaan map raport. Selanjutnya Kami sudah merangkum beberapa tips bagi Anda untuk memilih map sampul raport berkualitas dan tentunya harus sesuai dengan kebutuhan, diantaranya.

1. Sesuai Dengan Kebutuhan

Walaupun diseluruh Indonesia untuk format penulisan raport dibuat sama namun pada penyampaiannya masing – masing sekolah menggunakan cara yang berbeda – beda.

Ada yang di pisah berdasarkan nilai semester, per tahun ajaran sampai cover nya di simpan terpisah pada halaman paling depan dengan konsep yang berbeda agar terlihat lebih modern dan bagus.

map raport

Tapi yang paling penting adalah ukuran kertas, ini perbedaan paling sering di temukan pada masing – masing sekolah, umumnya ukuran kertas yang di pakai kalau bukan A4 pasti F4. Masih mending kalau terlalu besar dari dokumen masih bisa di paksa kan. Tapi kalau kurang bagaimana bisa? masa iya harus di potong dulu?

Ini sebenarnya tergantung selera terutama demi ciri khas dari sebuah sekolah, karena sekolah yang baik selain kualitas dan faktor pendukung lainnya harus memiliki ciri khas yang membedakan dari sekolah – sekolah pada umumnya.

Tapi apapun alasannya jangan sampai memilih map sampul raport yang tidak sesuai dengan kebutuhan, hal itu akan menyebabkan raport terlihat kurang bagus karena terdapat beberapa bagian yang kosong atau terkesan dipaksakan.

2. Kualitas Bahan Yang Digunakan

Selain harus sesuai dari segi pemakaian untuk beberapa alasan map raport juga harus di sesuaikan dengan kualitas bahan yang digunakan.

Jika Anda lebih suka dengan bahan yang terlihat seperti kulit sintetis maka TPK sangat cocok untuk di pilih karena memberikan kesan lebih elegan, penggunaan bahan ini sering ditemukan pada sertifikat ujikom, sertifikat prakerin bahkan map ijazah.

Untuk alasan ketahanan yang jauh lebih kuat plastik mika doff yang terbuat dari bahan PVC, PE dan PPP akan memberikan Anda ketenangan, pasalnya bahan ini sangat kaku sehingga tidak mudah sobek bahkan jika terkena air sekalipun.

Tapi biasanya bahan apapun yang nantinya Anda pilih pada beberapa bagian pasti akan terdapat karton dengan ukuran tebal di dalamnya, karena bahan ini terbilang cukup kaku sehingga membuat map tidak mudah rusak bahkan sobek.

3. Harga Wajar

Pada kenyataannya kualitas bagus akan bisa di dapatkan dengan harga yang sedikit lebih mahal dari biasanya, walaupun demikian jangan sampai membeli barang diluar harga wajar atau terlalu mahal.

Selain kualitas, Anda juga harus pandai – pandai memilih perusahaan percetakan map raport yang memberikan harga paling bagus di bandingkan dengan perusahaan – perusahaan percetakan lainnya.

Map Raport 3

Bahkan jika perusahaan percetakan yang sudah mempunyai reputasi bagus biasanya akan memberikan potongan harga pada tiap pemesanan dengan jumlah tertentu, walaupun sedikit tapi lumayan untuk meringankan biaya operasional sekolah.

Pemasaran sekolah paling bagus biasanya terjadi dari mulut ke mulut apalagi alumni sekolah Anda yang menyampaikannya secara langsung, dengan banyaknya kelebihan termasuk map raport yang berkualitas dengan bangga mereka akan sukarela mempromosikan sekolah Anda ke teman – teman, saudara sampai tetangga nya.

Lebih dari itu walaupun terlihat seperti hal yang sederhana namun dalam beberapa aspek nyatanya map raport mempunyai peran sangat penting terutama untuk menjaga kesan profesional dan sistem sekolah agar tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.