Prospek Kerja dan Gaji Lulusan SMK Jurusan Multimedia

Multimedia merupakan jurusan dimana mempelajari konten-konten di bidang media diantaranya yaitu membuat desain, mengedit foto, video serta pembuatan game dan masih banyak lainnya. Jurusan ini terasa menyenangkan terutama bagi orang-orang dengan kegemaran mengedit foto maupun video, karena di jurusan ini mempelajari bagaimana cara membuat video dan foto dengan tampilan unik dan menarik. Di samping itu, gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia juga cukup menjanjikan. 

Baca Juga : Peluang Kerja Jurusan Tata Kelola dan Otomatisasi Perkantoran

Beberapa mata pelajaran berikut ini dipelajari di SMK Jurusan Multimedia, yaitu:

  • Desain grafis 
  • Animasi
  • Audio editor 
  • Video editor 
  • Fotografi 
  • Jaringan komputer 
  • Pemrograman dasar 

Mengapa memilih Jurusan Multimedia? 

Multimedia merupakan jurusan dengan banyak peminat di Sekolah Menengah Kejuruan atau kerap disingkat SMK. Mengapa banyak pelajar memutuskan untuk mengambil dan mempelajari jurusan ini? 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Jurusan ini memiliki banyak peminat:

  • Bagi orang-orang dengan hobi mengedit foto dan video, jurusan ini cocok untuk dipelajari. Karena diajarkan bagaimana cara mengedit foto dan video agar terlihat nyata dan menarik. 
  • Jurusan ini juga mengajarkan cara membuat game, dimana jika game itu dipublikasikan dan menarik banyak peminat untuk memainkannya, maka kemungkinan mendapatkan penghasilan besar. 
  • Kebanyakan perusahaan membutuhkan karyawan atau seseorang dengan kemampuan mumpuni di bidang editor foto ataupun video. Sehingga prospek kerja dan gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia cukup menjanjikan. 
  • Dengan maraknya teknologi canggih seperti saat ini, multimedia memiliki peluang kerja cukup luas, baik berwirausaha sendiri maupun bekerja di perusahaan atau kantor. 
  • Bagi lulusan SMK dengan Jurusan ini, dapat melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan setara atau sama.

Prospek Kerja dan Kisaran Besaran Gaji Jurusan Multimedia Secara Umum

Perkembangan dunia digital saat ini semakin pesat, hal ini membuat banyak orang-orang atau pelajar mendalami ilmu terkait multimedia. Hal ini tentu menjadikan Jurusan Multimedia di berbagai sekolah maupun perguruan tinggi memiliki banyak peminat. Lalu, apa saja peluang atau prospek kerja serta berapa kisaran gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia setelah lulus nantinya? 

Berikut beberapa prospek kerja bagi lulusan SMK Jurusan Multimedia beserta kisaran gajinya:

1. Fotografer 
gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia 2

Seorang fotografer harus bisa mengabadikan foto dengan kualitas dan nilai estetika tinggi melalui tangkapan kameranya. Jasa fotografer banyak dibutuhkan di berbagai tempat dan kegiatan, misalnya di tempat wisata maupun acara-acara formal seperti resepsi pernikahan. Kisaran gaji seorang fotografer yaitu Rp.2.500.000 sampai dengan Rp.3.500.000.

2. Animator
gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia 3

Peluang kerja selanjutnya yaitu menjadi seorang animator. Animator merupakan seseorang dengan kemampuan membuat animasi menggunakan teknik ilusi sehingga gambar tidak bergerak tersebut bisa menjadi gambar bergerak. Kisaran gaji seorang animator yaitu Rp.5.000.000 sampai dengan Rp.10.000.000.

3. Video Editor 
gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia 4

Video editor adalah seseorang dengan tugas untuk menyunting dan menggabungkan potongan-potongan gambar video hingga menjadi satu cerita utuh. Kisaran gaji seorang video editor yaitu mulai Rp.3.500.000 sampai dengan Rp.5.500.000.

4. Kameramen 
gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia 5

Kameramen merupakan seseorang dengan tanggung jawab untuk mengoperasikan kamera dan merekam gambar sesuai arahan produser ataupun sutradara. Kameramen dapat bekerja di industri film. Kisaran gaji seorang kameramen yaitu Rp.2.500.000 sampai dengan Rp.3.500.000.

5. Desainer Grafis 
gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia 6

Profesi desainer grafis banyak dibutuhkan di berbagai media seperti media cetak dan elektronik. Bidang pekerjaannya yaitu membuat ilustrasi, tipografi, dan motion graphic sebuah produk atau jasa dengan membuat visual menarik. Kisaran gaji seorang desainer grafis yaitu Rp.2.500.000 sampai dengan Rp.3.500.000.

6. Ilustrator
gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia 7

Seorang ilustrator merupakan seseorang dengan keahlian menciptakan ilustrasi untuk menjelaskan maksud sebuah tulisan maupun konten lainnya. Seorang ilustrator bisa bekerja baik secara manual menggunakan pensil dan kertas maupun menggunakan komputer. Kisaran gaji seorang ilustrator yaitu Rp. 3.500.000 sampai dengan Rp.5.000.000.

7. Situs Designer 
gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia 8

Seorang situs designer mempunyai tugas merancang sebuah situs dengan tampilan serta konten menarik lalu dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web. Kisaran gaji untuk seorang situs designer yaitu mulai Rp.3.500.000 sampai dengan Rp.7.500.000.

8. Pembuat Efek Suara
gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia 9

pembuat efek suara yaitu seseorang dengan tugas menciptakan efek suara buatan dimana dibutuhkan untuk sebuah film maupun konten video menggunakan audio di komputer. Kisaran gaji seorang pembuat efek suara yaitu mulai Rp.2.500.000 sampai dengan Rp.3.500.000.

9. Komposer Musik
gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia 10

Komposer musik yaitu seseorang dengan keahlian menciptakan musik ilustrasi dan komposisi-komposisi musik lainnya. Saat ini komposer musik juga lebih banyak menggunakan peralatan digital. Kisaran gaji seorang komposer musik yaitu mulai Rp.3.500.000 sampai dengan Rp.6.000.000.

10. Youtuber 
gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia 11

Profesi sebagai youtuber memang masih cenderung baru berkembang seiring dengan kemajuan digital. Saat ini youtuber sudah menjadi profesi dengan penghasilan cukup menggiurkan. Gaji seorang youtuber juga tak terbatas sesuai dengan kreativitasnya.
Itulah beberapa peluang kerja beserta kisaran gaji lulusan SMK Jurusan Multimedia. Hal ini dapat dijadikan sebagai referensi dan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk masuk Jurusan Multimedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.