Prospek Kerja dan Kisaran Gaji Lulusan SMK Jurusan RPL

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Semakin banyak diminati kalangan pelajar. Berbagai bidang industri kerja, semuanya terpaut dengan teknologi, tidak heran jika kebutuhan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) juga ikut meningkat. Trend IT (Information Technology) seringkali menjadi tujuan utama para pelajar memilih jurusan dengan menimbangkan prospek kerja, contohnya jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Baca Juga : Ini Dia Prospek Kerja SMK Jurusan Broadcasting dan Perfilman

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dapat memasuki semua bidang industri kerja, karena tidak hanya membahas seputar perangkat lunak komputer. Jurusan RPL juga mempelajari pemrograman, seperti website, android, dan dekstop. Di samping itu, RPL juga melirik pembuatan game serta memecahkan berbagai masalah melalui algoritma. Itulah mengapa gaji lulusan SMK Jurusan RPL terbilang cukup besar.

Alasan Memilih Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 

  • Prospek karir yang jelas 

Pesatnya perkembangan teknologi membuat jurusan RPL tidak pernah usang, sehingga prospek karir jurusan ini selalu banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Peluang karir jurusan RPL bisa melingkupi programmer, mobile computing developer, IT Consultant, System analyst, game developer, software tester dan masih banyak lagi prospek kerja lainnya. 

  • Semua perusahaan membutuhkan Tenaga IT 

Setiap perusahaan atau industri bahkan instansi pemerintahan pasti membutuhkan tenaga di bidang IT, disinilah peran lulusan RPL sangat dibutuhkan, dikarenakan tidak semua karyawan diperusahaan atau industri tersebut bisa melakukan pekerjaan terkait IT.

  • Bisa menjadi startup founder 

Lulusan RPL tidak harus mencari pekerjaan atau melamar pekerjaan di berbagai perusahaan. Ahli dalam koding dan ahli membuat berbagai aplikasi menjadi nilai jual bagi lulusan ini untuk dapat mendirikan perusahaan startup. 

  • Kerja tidak harus dikantor 

Jurusan RPL melakukan pekerjaan bisa dimana saja, tidak harus mmenyelesaikan pekerjaan di kantor.

  • Gaji yang dimiliki cukup besar 

Jika tujuan utama bekerja merupakan masalah gaji, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak patut untuk dipertimbangkan. Gaji lulusan SMK Jurusan RPL cukup besar perbulannya. Sukses memilih jurusan SMK, juga harus tepat pula memilih karir agar sesuai dengan passion.

Prospek kerja dan kisaran gaji lulusan SMK Jurusan RPL

 Developer IT 
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 2

Pekerjaan Developer IT yakni untuk mengembangkan software-software sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kliennya. Besaran gaji seorang developer IT yaitu sekitar Rp.5.000.000. 

Programmer 
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 3

Programmer merupakan seseorang dengan keahlian untuk membuat sebuah program atau software komputer tertentu guna memudahkan pekerjaan. Besaran gaji seorang programmer yaitu sekitar Rp.6.000.000. 

IT Konsultan 
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 4

IT konsultan mempunyai peran sejak proses perancangan hingga evaluasi suatu penerapan IT pada sebuah perusahaan. Besaran gaji seorang IT konsultan yakni sekitar Rp.9.000.000. 

System Analyst
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 5

System analyst merupakan seorang ahli berkaitan dengan analisa suatu sistem. Hasil analisa sistem ini nantinya digunakan oleh seorang programmer. System analyst juga harus bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari sebuah sistem rancangan. Besaran gaji seorang system analyst adalah sekitar Rp.5.000.000. 

Database Engineer 
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 6

Peluang atau prospek kerja RPL juga terbuka lebar untuk menjadi database engineer, yaitu seseorang dengan tugas untuk membuat desain serta memonitor suatu database kompleks. Besaran gaji seorang database engineer yaitu sekitar Rp.5.000.000. 

Web engineer
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 7

Web engineer merupakan seseorang dengan tugas untuk merancang serta membangun sebuah website. Ia juga bertanggung jawab atas layanan serta kemudahan website tersebut. Besaran gaji seorang web engineer yaitu sekitar Rp.5.000.000. 

Game Developer
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 8

Game developer adalah bidang pekerjaan untuk merancang dan membuat sebuah software khusus game atau permainan. Besaran gaji seorang game developer yakni sekitar Rp.6.000.000. 

Data Communication Engineer
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 9

Data communication engineer atau sering juga disebut computer network merupakan pekerjaan untuk merancang jaringan komputer hingga perawatan serta pengelolaan jaringan tersebut untuk suatu instansi atau perusahaan. Besara gaji seorang data communication engineer adalah sekitar Rp.8.000.000. 

Intelligent System Developer
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 10

Software-software hasil rancangan seorang intelligent system developer adalah software-software khusus berkaitan dengan intelijen, contohnya image recognizer. Besaran gaji seorang intelligent system developer yakni sekitar Rp.6.000.000. 

Software Tester
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 11
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 12
gaji lulusan SMK Jurusan RPL 13

Software tester adalah bidang pekerjaan dimana Kita memiliki peran khusus untuk menguji sebuah software atau perangkat lunak. Besaran gaji seorang software tester yaitu Rp.5.000.000 sampai dengan Rp.10.000.000.

Jurusan Rekayasa perangkat lunak saat ini banyak diminati karena prospek kerjanya sangat luas. Kita bisa memilih pekerjaan dengan bidang peminatan dan memanfaatkan semua ilmu ketika duduk di bangku sekolah untuk jurusan RPL. Hampir semua prospek pekerjaan untuk jurusan RPL ini memiliki tingkat gaji cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.