Ini Dia Prospek Kerja SMK Jurusan Broadcasting dan Perfilman

SMK Jurusan Broadcasting dan Perfilman – Broadcasting (Penyiaran) merupakan jurusan dimana mempelajari perencanaan pembuatan konten, proses penyiaran radio dan televisi, teknik pengambilan gambar, teknik pengolahan suara, penyuntingan foto dan video, hingga penggunaan aplikasi multimedia. Jurusan Broadcast (Penyiaran) cocok bagi seseorang berjiwa kreatif dan senang bekerja dengan tim, serta up to date terhadap perkembangan zaman. Bagi seseorang yang tidak terlalu suka teori dan lebih menyukai praktek, masuk SMK Jurusan Broadcasting dan Perfilman merupakan pilihan sangat tepat.

Baca Juga : Mengenal Jurusan Multimedia dan Prospek Kerjanya

Apa itu Jurusan Broadcasting dan Perfilman

Broadcasting yaitu jurusan dimana mempelajari bagaimana teori dan praktik dalam menciptakan program untuk disiarkan melalui media massa, diantaranya televisi dan radio. Selain itu, saat ini semakin berkembang internet, media sosial dan lainnya. 

Apa Saja yang Didapatkan di Jurusan Broadcasting dan Perfilman

  1. Mampu menjelaskan dasar-dasar dasar broadcasting 
  2. Dapat menulis naskah drama 
  3. Merancang desain produksi 
  4. Melakukan hunting lokasi 
  5. Melakukan proses casting 
  6. Memilih crew produksi 
  7. Melaksanakan tata artistik 
  8. Menerapkan scenic art
  9. Mengoperasikan peralatan tata cahaya 
  10. Mengoperasikan peralatan audio 
  11. Menggunakan kamera foto 
  12. Menggunakan kamera video 
  13. Merancang kordinasi produksi program/acara tv 
  14. Melakukan penyutradaraan pada produksi program/acara tv 
  15. Memahami proses produksi 
  16. Mengoperasikan mesin editing 
  17. Menganalisis focus

Perbedaan Broadcasting dan Perfilman dengan Multimedia

Apa perbedaan kedua jurusan tersebut? Jurusan Multimedia mempelajari ragam dan bentuk data serta informasi misalnya seperti teks, gambar, audio, visual dan video. Multimedia menggabungkan seluruh data dan informasi tersebut ke dalam bentuk pesan dimana dapat dengan mudah diterima dan dipahami masyarakat. 

Sementara Broadcasting dan Perfilman merupakan jurusan dimana berfokus pada bidang penyiaran atau penyampaian pesan dengan memanfaatkan sinyal serta media elektronik dan digital berupa radio, televisi serta media daring atau internet lainnya. Pada saat bersamaan, Multimedia dimanfaatkan untuk menghasilkan visualisasi pesan maupun konten Broadcasting agar terlihat menarik. Jadi Jurusan Broadcasting dan Perfilman bukan sekedar membuat informasi visual saja, melainkan bagaimana menyebarkan informasi tersebut dapat dipelajari dalam jurusan ini.

Alasan Memilih Jurusan Broadcasting dan Perfilman

Inilah beberapa alasan mengapa Jurusan Broadcasting dan Perfilman bisa kamu jadikan pilihan: 

  1. Peluang karir di industri pertelevisian dan penyiaran radio masih cukup menjanjikan. 
  2. Peluang lulusan Jurusan Broadcasting untuk berkarya semakin luas, bukan hanya di televisi atau radio saja, tetapi saat ini media sosial melalui internet juga berkembang sangat pesat.
  3. Banyaknya konten tidak berkualitas tersebar di internet menjadi tantangan bagi lulusan Broadcasting untuk menciptakan konten menarik dan berkualitas dengan bekal ilmu selama di bangku sekolah.

Prospek Kerja SMK Jurusan Broadcasting dan Perfilman 

  1. Lulusan Broadcasting memiliki kemampuan mumpuni untuk bekerja di berbagai industri televisi atau radio. 
  2. Selain itu, lulusan Broadcasting dan Perfilman juga banyak dicari production house. 
  3. Peluang kerja bagi lulusan Broadcasting untuk berkarya menjadi semakin luas dengan berkembangnya platform media melalui internet. Misalnya saja saat ini orang-orang sudah menjadi kebiasaan untuk menonton YouTube atau Instagram TV (IG TV) serta mendengarkan berbagai macam produk audio di Podcast. 
  4. Tidak hanya di TV dan Radio, Lulusan Broadcasting juga dapat bekerja di agency periklanan, media online, rumah produksi film, industri musik, atau bisa juga menjadi seorang freelancer.
  5. Setelah lulus, siswa dengan Jurusan Broadcasting dituntut untuk serba bisa. Baik menulis artikel, mengedit video, mengambil foto, sampai menghasilkan suara bagus, oleh karena itu di jurusan Broadcasting terdapat mata kuliah Olah Suara. Tidak mustahil lulusan jurusan ini memiliki peluang untuk berkarir sebagai voice artist atau pengisi suara. 

Pilihan Kerjaan SMK Lulusan Broadcasting dan Perfilman

Berikut beberapa pilihan pekerjaan untuk lulusan Broadcasting dan Perfilman:

  • Produser 
  • Asisten Produser 
  • Content Writer 
  • Copywriter 
  • Social Media Officer 
  • Editor
  • Presenter 
  • Fotografer 
  • Sutradara 
  • Voice Artist 
  • Graphic Designer 
  • Pengusaha 
  • Event Organizer

SMK Jurusan Broadcasting dan Perfilman sangat cocok bagi seseorang berjiwa kreatif dan senang bekerja dengan tim, serta up to date terhadap perkembangan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.