Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Tata Busana – SMK

Jurusan Tata Busana menyiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan busana. Tata Busana merupakan kompetensi keahlian pada bidang pembuatan busana dalam pengelolaan dan penyelenggaraan usaha busana serta mampu berkompetisi dalam mengembangkan sikap profesional dalam bidang busana. Dalam praktiknya, tentu terdapat kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana, hal ini bisa dijadikan referensi atau bahan pertimbangan untuk masuk jurusan tersebut.

Baca Juga : Peluang Kerja Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Kelebihan Jurusan Tata Busana

Adapun alasan memilih jurusan tata busana bisa dengan melihat kelebihan-kelebihannya, antara lain sebagai berikut: 

  1. Memiliki Keahlian Di Bidang Tata Busana 
kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana 2

Selain ilmu teori, ilmu praktek juga sangat diperlukan sekarang ini. Jika Kita memasuki jurusan tata busana, Kita juga tentunya mempunyai keahlian di bidang tata busana dan sangat berguna untuk Kita nantinya. 

  1. Memiliki Keahlian Mengajar 
kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana 3

Selain memperoleh ilmu untuk diri sendiri, di jurusan ini Kita juga diharuskan untuk bisa mengajarkan teknik yang Kita pelajari kepada yang lainnya. Ini membuat Kita nantinya bisa memiliki kemampuan mengajar, sehingga memperbesar cakupan pekerjaan Kita. 

  1. Pembelajaran Menyenangkan 
kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana 4

Di jurusan ini Kita banyak belajar tentang dunia fashion. Bagi Kita pecinta segala hal berkaitan dengan fashion dan mode, belajar di jurusan ini menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. 

  1. Paham Tren Fashion Terbaru
kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana 5

Dengan memasuki jurusan tata busana, maka Kita dituntut untuk peka mengenai perkembangan mode dan tren busana saat ini. Bisa jadi Kita lebih banyak tahu dan juga tahu lebih dulu mengenai tren mode dan fashion di bandingkan orang-orang lainnya. 

  1. Tampil Modis
kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana 6

Alasan memilih Jurusan Tata Busana selanjutnya yaitu agar bisa membuat diri sendiri tampil lebih modis dengan berbagai ilmu mengenai fashion di jurusan ini. 

  1. Mendapat Penghasilan Tambahan
kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana 7

Meskipun belum lulus SMK, banyak peluang untuk dapat memanfaatkan ilmu di Jurusan Tata Busana dengan baik, misalnya menjadi seorang konsultan fashion atau membuat rancangan sebuah desain pakaian. 

  1. Peluang Kerja Selalu Ada
kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana 8

Pakaian sudah menjadi kebutuhan dasar manusia sejak dulu sampai kapanpun. Ini membuat peluang kerja seorang lulusan Tata Busana selalu ada dan tidak terpengaruh terhadap perkembangan zaman, justru cenderung meningkat. 

  1. Membuka Usaha Sendiri 
kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana 9

Lulusan Tata Busana juga tidak perlu bekerja di perusahaan, melainkan bisa membuka atau mendirikan usaha sendiri. Dengan ilmu tata busana, Kita bisa membuka usaha butik, toko busana ataupun tempat jahit sendiri. 

  1. Peluang Pekerjaan Baru
kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana 10

Perkembangan zaman juga berpengaruh terhadap perkembangan fashion, sehingga membuat lulusan Tata Busana berkesempatan untuk memiliki peluang pekerjaan-pekerjaan baru, misalnya menjadi seorang fashion blogger, beauty vlogger, atau bisa juga menjadi jurnalis fashion dan banyak kemungkinan lainnya. 

  1. Banyak Peluang Untuk Berprestasi 
kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana 11

Terdapat beragam event-event fashion para desainer untuk dijadikan ajang berkarya dan berprestasi. Jika Kita merupakan seseorang dengan keinginan tinggi untuk berkarya dan berprestasi, dengan masuk Jurusan Tata Busana Kita bisa berkarya dan berprestasi bahkan sampai ke level internasional.

Kekurangan Jurusan Tata Busana

Kekurangan Jurusan Tata Busana Dalam berbagai praktek pada Jurusan Tata Busana diantaranya:

  1. Harus selalu menyediakan anggaran atau dana cadangan khusus untuk membeli berbagai bahan untuk praktek tersebut, misalnya untuk membeli kain dan berbagai aksesoris busana. Maka, Kita perlu mempersiapkan anggaran khusus untuk biaya-biaya semacam ini ketika memutuskan hendak masuk SMK Jurusan Tata Busana. 
  2. Berbagai praktikum atau pelajaran praktik pada Jurusan Tata Busana umumnya membutuhkan waktu lama dan ketelitian tinggi. Kegiatan praktik dan tugas semacamnya tentu banyak menyita waktu. Terlebih jika Kita melakukan kesalahan terhadap langkah pembuatannya, Kita harus kembali mengulanginya sejak awal. Oleh karenanya, jika Kita memutuskan untuk masuk jurusan ini, pastikan Kita memiliki tingkat ketelitian tinggi dan sudah siap dengan tersitanya banyak waktu. 
  3. Ketika lulus nantinya dan berniat untuk membuka usaha sendiri, bisnis di bidang fashion merupakan bisnis dimana banyak dipilih orang-orang. Maka, Kita harus benar-benar memiliki ide bisnis unik dan kreatif agar mampu bersaing dengan para pebisnis fashion lainnya. 

Itulah beberapa pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan Jurusan Tata Busana untuk bisa dijadikan referensi apabila sedang mempertimbangkan untuk masuk jurusan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.