Peluang Kerja Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Sekolah Menengah Kejuruan atau kerap disingkat SMK saat ini memiliki berbagai jurusan sesuai minat maupun bakat para muridnya. Jurusan dengan banyak peminat saat ini diantaranya merupakan Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran atau disingkat OTKP. Seiring dengan perkembangan teknologi, tata kelola perkantoran sudah semestinya dibuat secara otomatisasi, dimana pekerjaan perkantoran dapat dipermudah dengan bantuan teknologi terkomputerisasi.

Baca Juga : Mengenal Jurusan Multimedia dan Prospek Kerjanya

Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran merupakan Kompetensi Program Keahlian Manajemen Perkantoran pada Bidang Manajemen dan Keahlian Bisnis. Jurusan OTKP memberikan bekal kepada siswa dengan kemampuan pada bidang administrasi baik secara pengetahuan, keterampilan, serta sikap dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Secara teknis, SMK Jurusan OTKP mempelajari berbagai jenis kegiatan kantor, diantaranya yaitu pengarsipan serta pembukuan dengan memanfaatkan pengetahuan keterampilan teknologi informasi. 

Berbagai hal didapatkan di Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Sekolah dengan Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Membekali lulusannya dengan berbagai keahlian atau kemampuan dibidang administrasi kantor untuk kebutuhan dunia usaha antara lain sebagai berikut: 

  • Mengoperasikan berbagai aplikasi komputer untuk keperluan kantor dalam bentuk surat, pembuatan dokumen, laporan maupun presentasi
  • Membuat berbagai laporan perkantoran serta dapat mempresentasikannya dengan baik dan dapat menyelenggarakan sistem pembukuan atau kearsipan
  • Menerapkan prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran 
  • Mempraktekkan prinsip-prinsip kerjasama dengan para partner bisnis dan pelanggan serta mampu menyelenggarakan rapat bisnis
  • Memahami keterampilan dasar berkomunikasi serta dapat mengoperasikan berbagai fasilitas kantor seperti telepon, laptop, komputer, peralatan presentasi, mesin hitung, proyektor dan lain sebagainya 

Prospek Kerja SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 

Selain mendapatkan pengetahuan terkait tata kelola perkantoran, para siswa juga dibekali keterampilan dengan mengikuti kegiatan Prakerin. Prakerin atau Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan praktek, pelatihan dan pembelajaran di dunia usaha maupun dunia industri. Para lulusan jurusan OTKP ditempatkan di kantor atau perusahaan untuk mempraktekkan secara langsung. Kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan mutu para siswa sehingga bisa menjadi bekal untuk memasuki dunia kerja. 

Berikut ini merupakan beberapa prospek kerja bagi para lulusan SMK Jurusan OTKP: 

1. Sekretaris 
otomatisasi dan tata kelola perkantoran 2

Seorang sekretaris bertugas untuk mengurus segala hal berkaitan dengan kantor, termasuk juga mengatur jadwal atasan. 

2. Asisten Sekretaris 
otomatisasi dan tata kelola perkantoran 3

Tugas seorang asisten sekretaris yaitu menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan bagi karyawan kantor. 

3. Resepsionis 
otomatisasi dan tata kelola perkantoran 4

Seorang resepsionis harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Seorang resepsionis pasti banyak dicari karena setiap perusahaan di bidang apapun pasti membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian kantor. 

4. Karyawan bagian Personalia 
otomatisasi dan tata kelola perkantoran 5

Tugas bagian personalia berbeda dengan tugas HRD. Tim personalia bertanggung jawab atas payroll karyawan dan/atau pembayaran-pembayaran lainnya. Tim personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, serta pencatatan cuti tahunan setiap karyawan. 

5. Staff Operasional Pameran 
otomatisasi dan tata kelola perkantoran 6

Seorang karyawan operasional pameran bertanggung jawab untuk menjaga kelancaran acara dan pameran. 

6. Personal Assistant 
otomatisasi dan tata kelola perkantoran 7

Personal Assistant/Asisten Pribadi merupakan seseorang dengan tugas mengurus urusan pekerjaan dan bisa juga terkait urusan pribadi atasan mereka. 

7. Seksi Hubungan Massa
otomatisasi dan tata kelola perkantoran 8

Seksi hubungan massa bertanggung jawab untuk menjembatani komunikasi antar perusahaan dengan dunia luar. 

8. Wirausaha 
otomatisasi dan tata kelola perkantoran 9

Dengan pengetahuan serta keterampilan selama pembelajaran di sekolah, para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan OTKP tidak harus bekerja di perusahaan, karena mereka bisa membuka usaha sendiri. Berbekal kemampuan seperti ketelitian, multitasking, dan kemampuan mengorganisir, mereka bisa mengembangkannya dengan membuka peluang usaha sendiri. 
Meskipun Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran ini banyak peminatnya, Kita tidak perlu khawatir jika peluang kerjanya menjadi sedikit. Karena pada dasarnya, setiap perusahaan atau kantor pasti membutuhkan karyawan untuk mengelola administrasi perusahaannya. Disamping itu, lulusan SMK Jurusan OTKP dapat membuka dan menjalankan usaha sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.