Ini Dia 10 Jurusan SMK yang Paling Banyak dicari di Dunia Kerja

Setelah lulus, pelajar SMK bisa langsung bekerja juga bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bagi siswa yang memutuskan untuk langsung bekerja, hal tersebut sangat mungkin terjadi. Hal ini dikarenakan siswa SMK sudah dibekali dengan keterampilan yang pasti diterapkan di dunia kerja.

Bidang keahlian atau jurusan di SMK sangat beragam, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan industri serta ketersediaan lapangan kerja di kota tersebut untuk menampung lulusan SMK. Biasanya, lulusan SMK banyak disukai perusahaan karena tamatan SMK sudah memiliki keterampilan kerja yang mempuni di bidang yang dipelajarinya. Lulusan SMK di semua jurusannya, tidak membutuhkan waktu lama untuk dapat beradaptasi di lingkungan kerja karena sudah terbiasa bekerja.

Ini Dia 10 Jurusan SMK yang Paling Banyak dicari di Dunia Kerja

Berikut 10 jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja dan memberikan prospek kerja menjanjikan setelah lulus:

Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja 2

Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran yaitu salah satu jurusan di SMK yang mempelajari terkait dengan Kompetensi Program Keahlian Manajemen Perkantoran khususnya pada Bidang Manajemen dan Bisnis. Jurusan ini memberikan bahan ajar kepada siswa dengan kemampuan di bidang administrasi baik meliputi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dalam menyelesaikan pekerjaan di suatu perusahaan atau tempat kerjanya.

Jurusan OTKP menjadi salah satu jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Contoh prospek kerja yang bisa diambil bagi para lulusan SMK Jurusan OTKP antara lain Sekretaris, Asisten Sekretaris, Resepsionis, Karyawan bagian Personalia, Staff Operasional Pameran, Personal Assistant, Seksi Hubungan Massa dan masih banyak yang lainnya.

Disamping itu, dengan pengetahuan serta keterampilan selama pembelajaran di sekolah, para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan OTKP tidak harus bekerja di perusahaan, karena mereka bisa membuka usaha sendiri.

Jurusan Multimedia

jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja 3

Multimedia merupakan jurusan dimana mempelajari konten-konten di bidang media diantaranya yaitu membuat desain, mengedit foto, video serta pembuatan game dan masih banyak lainnya. Di samping itu, gaji tamatan SMK Jurusan Multimedia juga sangat menjanjikan.

Jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja diantaranya yaitu Jurusan Multimedia. Beberapa prospek kerja bagi lulusan SMK Jurusan Multimedia antara lain menjadi Fotografer, Animator, Video Editor, Kameramen, Desainer Grafis, Ilustrator, Situs Designer, Pembuat Efek Suara, Komposer Musik, Youtuber, dan masih banyak prospek kerja bagus lainnya.

Jurusan Farmasi

jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja 3

Farmasi adalah bidang profesional dalam dunia kesehatan dimana mempelajari segala seluk-beluk mengenai obat. Jurusan Farmasi memberikan bahan ajar yang menggabungkan beberapa ilmu seperti ilmu kesehatan, ilmu kimia serta biologi. Tenaga kerja bidang farmasi bertanggung jawab untuk memberikan, menentukan, dan menjaga kualitas obat-obatan di dunia kesehatan.

Tak hanya perusahaan dibidang kesehatan saja, perusahaan manufaktur terutama yang bergerak dalam bidang makanan pun tentu membutuhkannya. Hal ini diperlukan agar memastikan kualitas dan mutu dari setiap produk yang dihasilkan memiliki standar tinggi. Itulah alasan mengapa Jurusan Farmasi juga menjadi salah satu jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja.

Jurusan Pemasaran

jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja 5

Jurusan Pemasaran pada Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sebuah ilmu dimana mempelajari tentang seluk-beluk pasar. Di dalamnya bukan hanya mempelajari cara memasarkan produk, tetapi juga termasuk cara menciptakan produk berkualitas. Jurusan ini memiliki banyak peminat karena materi pelajarannya berhubungan dengan bisnis.

Banyak kelebihan atau keunggulan jika Kita memiliki Jurusan Pemasaran sebagai bidang yang kita tekuni, diantaranya yaitu prospek kerja yang luas, selain mendapat gaji juga sering mendapat bonus, belajar dunia bisnis sejak dini, bisa praktik sendiri atau bisa bekerja diluar jam sekolah, serta bisa menjadi seorang wirausaha.

Jurusan Pemasaran merupakan salah satu dari jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Semua aspek bisnis membutuhkan tenaga pemasaran agar dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan memahami konsumen mereka. prospek atau peluang kerja pada SMK Jurusan Pemasaran antara lain yaitu Pengusaha, Tenaga pemasaran, Pramuniaga, Pengelola gudang, Kasir, Tenaga administrasi penjualan dan pembelian, Perantara dagang, Sosial media pemasaran dan lain sebagainya.

Jurusan Perbankan Syariah

jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja 6

Saat ini perbankan syariah sedang berkembang dengan pesat. Bahkan bank-bank konvensional kini mendirikan institusi syariah atau unit usaha syariah sendiri. Penerapan prinsip syariah tidak hanya di bidang perbankan saja, tetapi sudah merambah ke industri perhotelan dan UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah). Jurusan Perbankan Syariah membekali siswa agar mampu bekerja dalam bidang perbankan dengan prinsip-prinsip syariah.

Prinsip-prinsip syariah dalam bidang perbankan terus berkembang. Sehingga peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan Perbankan Syariah juga semakin terbuka lebar. Para lulusan SMk Jurusan Perbankan Syariah diarahkan tidak hanya sekedar pandai, tetapi juga memiliki integritas dan keimanan tangguh dengan menerapkan prinsip syariah.

Jurusan Perbankan Syariah juga menjadi salah satu jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Prinsip-prinsip syariah dalam bidang perbankan terus berkembang. Sehingga peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan Perbankan Syariah juga semakin terbuka lebar. Peluang kerja yang bisa diambil untuk para lulusan SMK Jurusan Perbankan Syariah antara lain Staff Perbankan Syariah, Staff Keuangan Syariah, Manajer Investasi, Staff Akuntansi Internal, Auditor Perencana Keuangan, Analis Keuangan, Karyawan Pajak, Lembaga Islam, Ahli Ekonomi Islam dan lain-lain.

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja 7

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Semakin banyak diminati kalangan pelajar. Berbagai bidang industri kerja, semuanya terpaut dengan teknologi, tidak heran jika kebutuhan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) juga ikut meningkat. Trend IT (Information Technology) seringkali menjadi tujuan utama para pelajar memilih jurusan dengan menimbangkan prospek kerja, contohnya jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dapat memasuki semua bidang industri kerja, karena tidak hanya membahas seputar perangkat lunak komputer. Jurusan RPL juga mempelajari pemrograman, seperti website, android, dan dekstopItulah mengapa gaji lulusan SMK Jurusan RPL terbilang cukup besar.

Peluang kerja yang bisa diambil untuk para lulusan SMK Jurusan RPL antara lain Developer IT, Programmer, IT Konsultan, System Analyst, Database Engineer, Web engineer, Game Developer, Data Communication Engineer, Intelligent System Developer, Software Tester, dan masih banyak lagi peluang kerja lainnya yang sesuai bidang ini. Itulah mengapa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak menjadi salah satu jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja.

Jurusan Teknik Sepeda Motor

jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja 8

Teknik Sepeda Motor merupakan kompetensi keahlian dalam Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa, Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang mempelajari terkait keterampilan pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua.

Pesatnya penambahan jumlah kendaraan bermotor khususnya sepeda motor milik pribadi merupakan alasan kuat mengapa Jurusan Teknik Sepeda Motor menjadi jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Ini disebabkan karena masyarakat membutuhkan transportasi yang efisien, praktis, dan tentunya murah.

Bidang pekerjaan tamatan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor antara lain dengan menjadi Teknisi dan/atau mekanik bengkel motor, Teknisi perakitan dan teknisi produksi di industri sepeda motor, atau bisa juga menjadi Wirausahawan dalam bidang otomotif atau bengkel sepeda motor.

Jurusan Teknik Elektronika Industri

jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja 9

Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK adalah jurusan untuk mendidik para pelajar agar memiliki keahlian atau keterampilan dalam bidang system control dan maintenance dalam peralatan industri berbasis microprocessor dan electrical control. Jurusan Teknik Elektronika Industri juga menjadi salah satu jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja.

Bidang pekerjaan tamatan Teknik Elektronika Industri SMK antara lain dengan bekerja di bidang Industri Telekomunikasi, Minyak Dan Gas, Manufaktur, Otomotif, Transportasi, IT, Tenaga Pendidik, Ahli Robotik, Pembangkit Listrik atau berwirausaha.

Dengan banyaknya peluang kerja tersebut, hal ini dapat dijadikan sebagai referensi dan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk masuk SMK Jurusan Teknik Elektronika Industri.

Jurusan Tata Busana 

jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja 10

Jurusan Tata Busana menyiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan busana. Tata Busana merupakan kompetensi keahlian pada bidang pembuatan busana dalam pengelolaan dan penyelenggaraan usaha busana serta mampu berkompetisi dalam mengembangkan sikap profesional dalam bidang busana.

Pakaian sudah menjadi kebutuhan dasar manusia sejak dulu sampai kapanpun. Ini membuat Jurusan Tata Busana menjadi salah satu diantara jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Peluang kerja seorang lulusan Tata Busana selalu ada dan tidak terpengaruh terhadap perkembangan zaman, justru cenderung meningkat.

Lulusan Tata Busana juga tidak perlu bekerja di perusahaan, melainkan bisa membuka atau mendirikan usaha sendiri. Dengan ilmu tata busana, Kita bisa membuka usaha butik, toko busana ataupun tempat jahit sendiri. Perkembangan zaman juga berpengaruh terhadap perkembangan fashion, sehingga membuat lulusan Tata Busana ber kesempatan untuk memiliki peluang pekerjaan-pekerjaan baru, misalnya menjadi seorang fashion blogger, beauty vlogger, atau bisa juga menjadi jurnalis fashion dan banyak kemungkinan lainnya.

Broadcasting dan Perfilman

jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja 11

Jurusan Broadcasting (Penyiaran) dan Perfilman merupakan jurusan dimana mempelajari perencanaan pembuatan konten, proses penyiaran radio dan televisi, teknik pengambilan gambar, teknik pengolahan suara, penyuntingan foto dan video, hingga penggunaan aplikasi multimedia.

Jurusan Broadcasting dan Perfilman berbeda dengan Jurusan Multimedia. Jurusan Multimedia mempelajari ragam dan bentuk data serta informasi seperti teks, gambar, audio, visual dan video. Multimedia menggabungkan seluruh data dan informasi tersebut ke dalam bentuk pesan dimana dapat dengan mudah diterima dan dipahami masyarakat. Sementara Broadcasting dan Perfilman merupakan jurusan dimana berfokus pada bidang penyiaran atau penyampaian pesan dengan memanfaatkan sinyal serta media elektronik dan digital berupa radio, televisi serta media daring atau internet lainnya.

Peluang kerja yang bisa diambil untuk para lulusan SMK Jurusan Broadcasting dan Perfilman antara lain bisa menjadi seorang Produser, Asisten Produser, Content Writer, Copywriter, Social Media Officer, Editor, Presenter, Fotografer dan sebagainya sesuai dengan bidang yang dipelajari serta keahlian yang dimiliki. Dengan semakin berkembangnya internet dan maraknya pengguna media sosial serta dunia perfilman, tidak heran jika Jurusan Broadcasting dan Perfilman menjadi salah satu jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Itulah ulasan mengenai 10 jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja dan berpeluang mendapat gaji atau penghasilan yang besar setelah lulus.  Ulasan ini bisa dijadikan referensi bagi siswa yang ingin melanjutkan ke SMK untuk mengambil jurusan sesuai bakat dan minatnya. Selain bekerja di suatu perusahaan, lulusan SMK juga bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi untuk memperdalam ilmu yang telah dimiliki sehingga berpotensi untuk mendapatkan prospek kerja serta penghasilan yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.