Ketahui 5 Keunggulan Jurusan Pemasaran SMK

Jurusan Pemasaran pada Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sebuah ilmu dimana mempelajari tentang seluk-beluk pasar. Keunggulan Jurusan Pemasaran SMK banyak sekali, karena di jurusan ini bukan hanya mempelajari cara memasarkan produk saja, tetapi juga termasuk cara menciptakan produk berkualitas. Jurusan ini memiliki banyak peminat karena materi pelajarannya berhubungan dengan bisnis. Tentunya sekarang ini dunia bisnis sedang mengalami perkembangan pesat. Maka dari itu, keahlian dalam berbisnis sangat penting di waktu mendatang.

Baca Juga : Ini Dia Materi Perbankan Syariah SMK Yang Akan Dipelajari

Di Jurusan Pemasaran, Kita mempelajari banyak hal seperti riset pasar, menciptakan produk, mempelajari strategi pemasaran, hingga penyaluran dan penyaluran prima. Apabila Kita pada dasarnya sudah memiliki minat dalam berbisnis serta mengetahui apa saja keunggulan Jurusan Pemasaran SMK, maka jurusan ini membuat kita merasa senang selama mempelajari ilmu tersebut.

Apa Saja Mata Pelajaran Jurusan Pemasaran di SMK

Berikut pemaparan terkait apa saja materi pelajaran yang terdapat dalam Jurusan Pemasaran:

  • Simulasi dan Komunikasi Digital

Yaitu sebuah mata pelajaran terkait dengan aplikasi dan teknologi digital untuk mendukung dalam kegiatan pemasaran.

  • Ekonomi Bisnis

Dalam materi pelajaran ini, Kita belajar ilmu bisnis berdasarkan teori-teori ekonomi.

  • Administrasi Umum

Bukan hanya di Jurusan Administrasi Perkantoran saja, salah satu yang menjadi keunggulan Jurusan Pemasaran SMK yaitu Kita juga mempelajari materi tentang Administrasi Umum.

  • Pemasaran

Pemasaran merupakan bagian mata pelajaran terpenting. Di sini Kita mendapatkan materi dasar ilmunya hingga penerapan praktek pemasaran secara umum.

  • Perencanaan Bisnis

Di materi ini kita mempelajari bagaimana merencanakan sebuah bisnis dengan baik dan juga cara mengelola bisnis tersebut.

  • Komunikasi Bisnis

Sudah pastinya Kita diajarkan tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan baik saat berbisnis.

  •  Penataan Produk

Untuk mengetahui bagaimana menata barang atau produk dengan baik, maka Kita harus belajar ilmu ini.

  • Pengelola Bisnis Ritel

Kegiatan usaha terdapat berbagai macam jenisnya, misalnya yaitu ritel. Demi memenuhi kebutuhan industri, maka Kita perlu belajar bagaimana cara mengelola bisnis ritel dengan baik.

  • Administrasi Transaksi

Dalam dunia bisnis tidak selalu tentang berjualan saja. Namun, pencatatan transaksi juga penting. Administrasi ini mengajarkan Kita untuk melakukan pencatatan dengan rapi dan tepat.

Keunggulan Jurusan Pemasaran SMK

Kelebihan atau keunggulan Jurusan Pemasaran SMK antara lain sebagai berikut:

1. Prospek Kerja Luas
Ketahui 5 Keunggulan Jurusan Pemasaran SMK 2

Kelebihan Jurusan Pemasaran pertama yaitu prospek kerja lulusan jurusan ini sangatlah luas. Hampir semua perusahaan di bidang produksi barang atau jasa membutuhkan tenaga pemasaran untuk melakukan pemasaran produknya, begitu juga instansi pemerintah.

2. Mendapat Gaji dan Bonus
Ketahui 5 Keunggulan Jurusan Pemasaran SMK 3

Yang kedua, Kita tidak hanya mendapatkan gaji tetap saja, tetapi juga mendapatkan bonus. Sebagai tenaga pemasar, Kita bekerja sesuai dengan target tertentu, jika Kita mencapai target atau bahkan melampauinya, bonus yang akan Kita dapatkan dari perusahaan juga semakin besar.

3. Belajar Bisnis
Ketahui 5 Keunggulan Jurusan Pemasaran SMK 4

keunggulan Jurusan Pemasaran SMK yang ketiga yaitu Kita belajar bisnis di sini. Belajar ilmu pemasaran sama saja dengan belajar separuh ilmu bisnis itu sendiri. Semua individu atau perusahaan bisa memproduksi barang, tetapi tidak semua orang bisa untuk menjual atau memasarkannya.

4. Bisa Praktik Sendiri
Ketahui 5 Keunggulan Jurusan Pemasaran SMK 5

Keunggulan yang keempat yaitu Kita bisa praktik sendiri selama masih sekolah. Kita bisa membuka bisnis atau usaha daring maupun bekerja paruh waktu di sebuah toko. Dengan demikian, Kita bisa menambah banyak pengalaman juga penghasilan.

5. Menjadi Wirausaha
Ketahui 5 Keunggulan Jurusan Pemasaran SMK 6
Ketahui 5 Keunggulan Jurusan Pemasaran SMK 7

keunggulan Jurusan Pemasaran SMK Yang kelima yaitu Kita bisa menjadi seorang wirausaha. Sebagai siswa pemasaran dan mempelajari dunia bisnis, Kita bisa memanfaatkan ilmu yang telah Kita dapat tersebut untuk membangun atau mendirikan sebuah usaha yang Kita kelola sendiri.

Prospek Kerja SMK Jurusan Pemasaran

Berikut prospek atau peluang kerja pada SMK Jurusan Pemasaran yaitu sebagai berikut:

  • Pengusaha
  • Tenaga pemasaran
  • Pramuniaga
  • Pengelola gudang
  • Kasir
  • Tenaga administrasi penjualan dan pembelian
  • Perantara dagang
  • Sosal media pemasaran

Semua aspek bisnis tentu saja akan membutuhkan tenaga pemasaran agar dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan memahami konsumen mereka. Jika Kita mengambil Jurusan Pemasaran, sangatlah menguntungkan bagi Kita setelah lulus SMK nantinya, karena ujung segala usaha atau bisnis adalah pemasaran. Bahkan jika tidak ingin bekerja di perusahaan tertentu, lulusan SMK Jurusan Pemasaran bisa ber wiraswasta atau membuka usaha sendiri.Itulah pemaparan beberapa keunggulan Jurusan Pemasaran SMK. Hal ini dapat dijadikan sebagai referensi dan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk masuk Jurusan Pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.