Kisaran Gaji dan Peluang Kerja SMK Teknik Elektronika Industri

Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK adalah jurusan untuk mendidik para pelajar agar memiliki keahlian atau keterampilan dalam bidang system control dan maintenance dalam peralatan industri berbasis microprocessor dan electrical control.

Baca Juga : Prospek Kerja dan Kisaran Gaji Lulusan SMK Jurusan RPL

Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK bertujuan untuk membekali para siswa dengan beberapa keterampilan, pengetahuan dan sikap agar memiliki kompetensi mumpuni, sehingga peluang kerja SMK Teknik Elektronika Industri terbilang cukup banyak.

Kompetensi Keahlian Jurusan Teknik Elektronika Industri

  • Mengajarkan para siswa terkait keterampilan dan keahlian pada Program Keahlian Teknik Elektronika Industri agar mampu bekerja secara mandiri atau bekerja pada perusahaan atau dunia usaha dan dunia industri sebagai pekerja tingkat menengah. 
  • Mendidik siswa agar bisa berkarir, berdaya saing, serta mengembangkan sikap profesional sesuai Jurusan Teknik Elektronika Industri. 
  • Memberikan berbagai kompetensi Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK, termasuk diajarkan mengenai ilmu pengetahuan dan keahlian elektronika secara umum, microprocessor, mikrokontroller, pneumatic, programming berbasis komputer, PLC, dan lainnya, dimana hal tersebut berkaitan erat dengan proses produksi dalam sebuah industri. 
  • Mengajarkan kompetensi kejuruan secara mendasar seperti berikut:
  1. Dapat menggunakan dasar-dasar kelistrikan 
  2. Dapat menggunakan dasar-dasar elektronika 
  3. Dapat menggunakan dasar-dasar Teknik digital 
  4. Dapat menggunakan keselamatan, dan Kesehatan Kerja atau K3.

Peluang kerja SMK Teknik Elektronika Industri

Apa saja prospek kerja dan gaji lulusan SMK Jurusan Teknik Elektronika Industri? Simak rangkumannya berikut ini:

  1. Industri Telekomunikasi 
peluang kerja SMK Teknik Elektronika Industri 2

Setelah tamat SMK, Lulusan Teknik Elektro bisa bekerja di industri telekomunikasi. Kita bisa bekerja sebagai senior software engineer, android developer, SOP konsultan, dan lainnya. Gajinya terbilang cukup menarik. Gajinya berkisar mulai Rp 10 juta hingga Rp 50 juta per bulannya.

  1. Minyak Dan Gas
peluang kerja SMK Teknik Elektronika Industri 3

Peluang atau prospek kerja TEI juga bisa bekerja di bidang minyak dan gas, baik itu bekerja di perusahaan BUMN maupun swasta. Gajinya juga tidak kalah menarik. Untuk fresh graduate, gajinya bisa mencapai hingga Rp 5 juta. Sedangkan untuk posisi senior bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah per bulannya. 

  1. Manufaktur
peluang kerja SMK Teknik Elektronika Industri 4

Manufaktur adalah prospek kerja dimana bertugas untuk pemilihan barang, desain produk, pembuatan, manajemen serta penjualan, dan jaminan kualitas oleh perusahaan. Gajinya berkisar di antara Rp 4,5 juta hingga Rp 15 juta untuk posisi sales engineering sampai electrical engineer. 

  1. Otomotif

Lulusan Teknik Elektronika Industri juga bisa bekerja di bidang otomotif setelah lulus SMK jurusan teknik elektronika industri. Gajinya mulai Rp 5 juta sampai dengan Rp 50 juta tergantung posisi jabatan.

  1. Transportasi 

Kita juga bisa bekerja di bidang transportasi, baik transportasi darat, laut, maupun udara dengan mengambil posisi sebagai engineer. Gajinya berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 10 juta per bulannya. 

  1. IT 

Lulusan Teknik Elektronika Industri juga bisa bekerja di bidang Informasi dan Teknologi. Kita bisa mengambil berbagai jenis posisi misalnya business analyst, IT Auditor, dan masih banyak lainnya. Gajinya mulai Rp 5 juta sampai dengan Rp 150 juta per bulan. 

  1. Tenaga Pendidik 

Lulusan Teknik Elektronika Industri bisa menjadi tenaga pendidik. Kita bisa mengambil jurusan matematika, fisika, dan lain sebagainya sesuai dengan minat. Gajinya berkisar antara Rp 2,5 juta hingga Rp 7 juta, baik dosen atauapun guru. 

  1. Ahli Robotik 
peluang kerja SMK Teknik Elektronika Industri 5

Lulusan Teknik Elektronika Industri juga banyak mengambil profesi di bidang robotik atau menjadi seorang ahli robotik. Gajinya berkisar antara Rp 5 juta sampai dengan Rp 8 juta per bulannya. 

  1. Pembangkit Listrik
peluang kerja SMK Teknik Elektronika Industri 6

Sektor pembangkit listrik juga membutuhkan lulusan Teknik Elektronika Industri. Gaji didapatkan berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 15 juta per bulan. 

  1. Wirausaha 

Bekerja menjadi seorang wirausaha juga menjadi pilihan sangat tepat bagi pecinta bisnis. Pendapatannya tentu saja tidak terbatas, bahkan omsetnya bisa mencapai milyaran hingga triliunan rupiah tergantung pada kemampuan berbisnisnya.
Itulah 10 pemaparan terkait prospek atau peluang kerja SMK Teknik Elektronika Industri beserta kisaran gajinya. Hal ini dapat dijadikan sebagai referensi dan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk masuk SMK Jurusan Teknik Elektronika Industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.